Kamis, 07 Maret 2013

BUKTI PENYIMPANGAN AKIDAH WAHHABI-SALAFI..!!!

Sedikit saya buktikan bahwa akidah wahhabi bukanlah akidah yang dibawa oleh Rasulullah Sw, ajaran wahhabi-salafi bukanlah ajaran Islam. Mereka sangat jauh menyempal dari ajaran Ahlus sunnah waljama'ah, sangat jauh meluncur bagaikan anak panah yang meluncur dari busurnya dan tak kan kembali lagi.

Dalam kesempatan ini, saya tidak menampilkan puluhan bukti yang ada dalam dokumen saya, tapi cukup sedikit ini akan menjadi bukti penyimpangan akidah wahhabi dari akidah ulama salaf shaleh yang sesungguhnya.

Semoga wahhabi dan para korban doktrin wahhabi mau merenungi hal ini, buka hati kalian, tundukkan sayap kesombongan kalian, mohonlah petunjuk kepada-Nya yang menciptakan petunjuk kebenaran, semoga data dan bukti ini mampu membuka kesadaran hati kalian untuk memikirkan kembali ajaran yang selama ini kalian pegang dan taqlidi...semoga sedikit mmebuka pencerahan untuk kalian, dan semoga Allah memberi petunjuk kebenaran untuk aku dan kalian..

Ibnu Utsaimin (salah satu ulama wahabi dan anggota fatwa Saudi) mengatakan dalam kitab Syarh Aqidah Thahawiyyahnya berikut :


" Sesungguhnya tidak mungkin terjadi kontradiksi antara al-Quran dan Hadits Nabi yang sah selamanya. Karena Quran dan Hadits adalah Haq / Kebenaran dan Kebenaran tidak akan terjadi Kontradiksi, karena semua dari Allah sedangkan apa yang dari Allah tidak akan terjadi kontradiksi..." (Syarh Aqidah Thahawiyyah, Ibnu Ustaimin : 89)

Komenyat Shofiyyah : Saya setuju dalam hal ini dengan Ibnu Utsaimin, mungkin leih saya perjelas yaitu bahwa Akidah Islam tidak akan terjadi kontradiksi di manapun dan kapanpun, karena ini menyangkut masalah yang prinsipil di mana setiap muslim akidahnya harus sama tidak boleh berbeda atu pun berselisih. Jika berselisih, jelas yang menyelisihi itu yang salah. Sedangkan dalam masalah Furu' (bukan akidah) maka Allah mentolerir adanya perpedaan pendapat. Sebab di masa sahabat nabi pun banyak terjadi perbedaan pendapat, dan hal ini adalah rahmat bagi umat Islam sendiri.

Oke, sekarang kita masuk kepada pembuktian hal ini. Jika Akidah Wahhabi-salafi itu benar sesuai ajaran Nabi dan para sahabatnya, maka mustahil terjadi kontradiksi karna KEBENARAN tidak akan kontradiksi. Namun ternyata, ironis dan na'as sekali, saya menemukan ada sekitar 100 lebih kontradiksi wahabi dalam akidah di antara kalangan mereka sendiri. Yang jika saya beberkan semuanya niscaya dan pasti wahabi akan bingung mana yang benar dan mana yang salah. Mungkinkah akidah Nabi itu kontardiksi?? mungkinkah al-Quran itu isisnya saling kontradiksi?? Jawabannya : Tidak sama sekali. Tapi pemikiran merekalah yang sesat lagi menyesatkan. 

Kita buktikan :

Syaikh Shaleh al-Fauzan menyatakan bahwa hadits Allah itu duduk bersama Nabi Muhammad di Arsy itu sahih meskipun sulit untuk diindra. Artinya ia setuju dengan akidah yang menafsirkan ISTAWA dengan JALASA (duduk). Lihat kitab Ta'liq al-Mukhtashar 'ala Qashidah an-Nuuniyyah halaman 453 ketika ia menta'liq qasidah Ibnul Qayyim berikut :
Cover kitab :



Arti yang bergaris merah :

Sesungguhnya Allah mendudukkan Muhammad bersama di atas Arsy....Ini adalah hadits sahih walaupun sulit untuk dipikirakan sifat duduknya, maka tidaklah mengapa. (Ta'liq al-Mukhtashar 'ala Qashidah an-Nuuniyyah halaman 453).

Dalam kitab yang lainnya, Shaleh al-Fauzan mengatakan :

Cover kitab :




" Ar-Rahman beristiwa di atas Arsy " Apakah beristiwa itu bukan bermakna duduk ?? tidaklah beristiwa melainkan duduk. Ini ucapan (istiwa adalah bermakna duduk) adalah sahih tidak ada debu sedikit pun (sangat jelas) ". (Qudum kitab al-Jihad, karya syaikh Abdul Aziz ar-Rajihi dan ditaqliq Shaleh al-Fauzan halaman : 101) 

Dalam kitab ini, syaikh Abdul Aziz dan Syaikh Shaleh al-Fauzan sepakat bahwa ISTIWA itu bermakna DUDUK. 

Tapi, sekali lagi, tapi......
Di kitabnya yang lain justru Shaleh al-Fauzan menyatakan bahwa tafsir ISTIWA dengan DUDUK adalah TAFSIR YANG BATHIL...perhatikan :

Cover kitab :



" Apakah Istawa bermakna Jalasa / Duduk itu termasuk takwil ? Shaleh al-Fauzan menjawab : " Ini Bathil, karena tidak ada sama sekali riwayat yang menafsirkan ISTAWA dengan JALASA (duduk) dan kami tidak mentetapkan sesuatu pun tentang Istawa ". (Lum'ah al-I'tiqad : 315)

Lihat pembaca, bagaimana syaikh Shaleh al-Fauzan yang diawal mengakui ISTAWA dengan makna JALASA (DUDUK), tapi di kitabnya yang lainj justru dia mengatakan memaknai ISTIWA dengan JULUS (DUDUK) adalah BATHIL. Subhanallah, bagaimana bisa satu pemahaman saling kontradiksi dari satu orang saja ?? apakah syaikh ibn Fauzan ini ketika berfatwa atau berpendapat tidak berpikir secara jernih atau sedang mabuk ?? saya yakin para pengikut syaikh Shaleh al-Fauzan ini dibuat bingung dengan ke plin-planan akidahnya.

Di sisi lain, ada ulama wahabi lainnya yang juga menyatakn bahwa hadits yang menunjukkan Allah JALASA / DUDUK di Arsy adalah maudhu' / palsu dan kedsutaan atas nama Nabi Saw. Yaitu syaik Albani seorang syaikh yang diklaim wahabi sbgai ahli hadits zaman skrg (padahal saya meneliti bnyak sekali mufradat / kosakata yang diartikan salah oleh Albani dalam bebrapa kitabnya ketika mengartikan sebuah isim yang gharib, suatu saat saya akan membahasnya). Perhatikan pendapat Albani berikut :

" Yang jelas, bahwasanya perhatikan dalam matannya dari kemungkaran yang ada, yaitu menisbatkan JULUS / DUDUK kepada Allah....Matan hadits itu mengandung KEPALSUAN ". (Maushu'ah al-Allamah al-Imam Mujaddid al-Ashr: Albani : 343).

Perhatikan wahai pembaca khususnya para wahabi-salafi, lihat ulama kalian saling bertolak belakang dalam masalah akidah yang merupakan pondasi Islam dan amal !! apakah AKIDAH ISLAM itu kontradiksi menurut kalian ?? Mana yang benar?? kenapa terjadi kontradiksi di kalangan wahabi sendiri dalam masalah akidah ??

Benar ucapan Ibnu Utsamin di awal bahwa " Sesungguhnya tidak mungkin terjadi kontradiksi antara al-Quran dan Hadits Nabi yang sah selamanya. Karena Quran dan Hadits adalah Haq / Kebenaran dan Kebenaran tidak akan terjadi Kontradiksi, karena semua dari Allah sedangkan apa yang dari Allah tidak akan terjadi kontradiksi..." (Syarh Aqidah Thahawiyyah, Ibnu Ustaimin : 89)

Maka dengan ucapan ini, benar lah bahwa akidah wahhabi-salafi tidaklah benar karena saling kontradiksi dan bertolak belakang di antara mereka sendiri. Ini satu contoh yang baru saya tampilkan, masih ada seratus konradiksi lainnya yang saya simpan di dokumen saya. Terlebih masalah furu' / fiqih sangat banyak kontradiksi di antara mereka, bagi saya wajar kalau masalah furu' itu ada perbedaan pendapat, tapi angat tidak wajar dan tidak benar jika perbedaan pendapat itu dibumbui kata-kata membid'ahkan dan menyesatkan bahkan kata-kata binatang sesama kalangan mereka sendiri...

Inikah menurut kalian kebenaran itu ???


By : Shofiyyah An-Nuuriyyah
05-02-2013




















65 komentar:

  1. sesungguhnya istiwa itu maknaya bukan bersemayam:

    وَلَمَّا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَاسْتَوَى ءَاتَيْنَاهُ حُكْمًا وَعِلْمًا


    “Dan setelah Musa cukup umur dan telah Istiwa` (sempurna akalnya), Kami berikan kepadanya hikmah (kenabian) dan pengetahuan”.” (QS. Al-Qoshosh : 14)

    di dalam ayat di atas istiwa' berati SEMPURNA:

    yang menjadi perdebatan adalah masalah ISTIWA dan 'ARSY.... padahal semua telah jelas artinya dan tidak perlu untuk ditakwil artinya....

    masalah ARSY: maknanya adalah atap berbentuk kubah, dia merupakan kubah alam semesta.
    كُنْتُ أَسْمَعُ قِرَاءَةَ رَسُوْلِ الله عَلَى عَرْشِيْ
    aku telah mendengar bacaan Rasululloh dari arsy yaitu atap rumahku,

    إِنَّ رَبَّكُمُ اللهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُدَبِّرُ اْلأَمْرَ مَامِن شَفِيعٍ إِلاَّ مِن بَعْدِ إِذْنِهِ ذَلِكُمُ اللهُ رَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ أَفَلاَ تَذَكَّرُونَ
    Allah-lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian DIA istiwa (sempurnakan) di atas (langit dan bumi dengan) 'Arsy (kubah alam semesta). tidak ada bagi kamu selain daripada-Nya seorang penolongpun dan tidak (pula) seorang pemberi syafa'at.Maka apakah kamu tidak memperhatikan? (QS. 32:4)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa konsep jauh tapi dekat itu seperti membingungkan sekali ya utk mereka, sampe berdebat bertahun tahun (mungkin berabad abad) Allah ada diatas arsy atau ada dimana mana ? contohlah anda sedang nonton TV, sinetron, kalian dekat gak dengan si artis ? tapi si artis itu sendiri yg sedang syuting merasa jauh dari kalian yg menonton, padahal sebenarnya dekat, yaa kira2 begitulah dalil akal sehat semoga membantu

      Hapus
    2. mereka, wahabi, itu kurang paham ungkapan bahasa arab kali ya..
      padahal misalnya "Pejabat tinggi" , bukan berarti pejabat yang tinggi badannya, bukan pula pejabat yang ada ditempat tinggi. tp mereka, wahabi, gak paham ungkapan
      atau duduk, menduduki misalnya, bisa berarti menguasai , misalnya P. diponegoro menduduki benteng madang, di kediri,, itu bukan berarti p. diponegoro diam dan nongkrong dibenteng itu kan ??
      Alhamdulillah, allah beri kita hidayah yg benar, dan semoga Allah jauhkan kita dan keluarga, anak cucu kita dari wahabi . Aamiin

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Gak nyambung dengan topik pembahsan om jaka sembung...

    BalasHapus
  4. ahsan topik dan pembahasanna diperbaiki sebelum disebarkan,..

    BalasHapus
  5. bagus, lanjutkan..
    sangat bermanfaat...
    salam aswaja : aliyfaizal.blogspot.com

    BalasHapus
  6. saya jg aswaja,jd sya sgt stju tntang artikel nih,good.

    BalasHapus
  7. Anda terlalu gegabah dalam menyimpulkan, lebih baik tanyakan langsung ke para ustadz salafy tentang masalah2 ini! Jangan2 anda yang tdak paham!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Home › Sejarah › Wahabi . dutaislam.com
      Syi’ah dan wahabi (Salafy di Indonesia atau yg mengaku sebagai manhaj salaf) adalah produk yahudi utk menghancurkan islam dari dalam. Telah banyak yang mengetahui kalau wahabi / salafy adalah bagian dari sekte yahudi.
      https://www.dutaislam.com/2016/10/sejarawan-ini-sebut-wahabi-bagian-dari-sekte-yahudi
      Sejarawan Yahudi bernama Ishaq bin Zafi Dalam buku Ensiklopedia Sekte-Sekte Yahudi, ia menulis bahwa paham wahabisme adalah salah satu sekte Yahudi..
      ونشر اسحاق بن زفي الرئيس السابق للدولة اليهودية المغتصبة لفلسطين كتابا عن الدونمة بالعبرية وترجمه للانكليزية اليهودي اسحاق عبادي واصدرته دار النشر اليهودية في امريكا عام 57 واعيد طبعه مرة ثانية عام 1961
      يقول : هناك طوائف دينية لاتزال تعتبر نفسها جزءا من بني اسرائيل واعضاء هذه الطوائف -- رغم اختلاف اسلوبهم عن مجموعة الشعب اليهودي -- استمروا على اقامة شعائر الدين اليهودي ومن هؤلاء طائفة السامريين ومنهم طائفة هامة اخرى هي طائفة الوهابية وهي مسلمة في الظاهر الا انها تقيم سرا الشعائر اليهودية
      "Ishaq ibn Zafi (Yitzhak Ben Zvi), mantan presiden Negara Yahudi, penjajah Palestina, menerbitkan sebuah buku tentang Dunamah (salah satu Sekte Yahudi) dalam Bahasa Ibrani, lalu diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris oleh seorang berkebangsaan Yahudi bernama Yitzhak Abade. Buku terjemah ini diterbitkan Penerbit Yahudi di Amerika thn 1957. dicetak ulang thn 1961. Yitzhak Ben Zvi berkata:
      Terdapat beberapa kelompok keagamaan yang senantiasa menganggap diri mereka bagian dari Bani Israel, meski ada perbedaan tradisi dengan Bangsa Yahudi mainstream, mereka secara terus menerus mempraktikkan syiar-syiar Agama Yahudi. Di antara kelompok2 itu adalah -Samiriyyun. Dan di antara mereka ada sebuah kelompok penting lain, yaitu Wahhabiyyah. Kelompok ini secara lahiriah muslim, tapi secara sembunyi2 mempraktekkan ritual-Yahudi."
      Wahabi memiliki sifat yang sama dengan satu sekte nya, bangsa Yahudi, menghalalkan segala cara (meski dengan dalih sunnah), memfitnah, mengubah isi kitab kuning, menuduh orang lain kafir, syirik, sesat, bid'ah dll. Wahabi adalah nama yg disematkan oleh Sulaiman bin Abdul Wahab kepada saudaranya yakni Muhammad bin Abdul Wahab. Dalam kitab Tarikh Ibnu Khaldun dijelaskan bahwa :
      وكان يزيد قد أذل الخوارج ومهد البلاد فكانت ساكنة أيام روح ، ورغب في موادعة عبد الوهاب بن رستم وكان من الوهبية فوادعه Abdul Wahhab bin Abdurrahman bin Rustum adalah pengikut Wahbiyyah. Pendirinya bernama Abdullah bin Wahbi Ar-Rasibi. http://www.muslimoderat.net/2015/09/abdul-wahhab-bin-rustum
      Islam adalah copy paste dari Al-Qur’an dan Sunnah. Adapun dalam berfiqih mengikuti keempat madzhab atau salah satunya. Beraqidah ahlussunnah waljamaah asy'ariah ataupun maturidiah. Berthasawwuf seperti Al Ghazali ataupun Abdul Qodir Jaelani ataupun ulama-ulama thasawwuf yg telah masyhur. Shalat 5 wkt berjamaah di masjid bagi laki2 yg sdh baligh kecuali udzur. Yg wanita jg laksanakan sholat sendirian atau berjamaah dan tutup aurat. Jangan berpaham wihdatul wujud, jangan berpaham mu'tazilah, sekuralisme, kapitalisme, materialisme, komunisme, jangan menyembah kuburan serta perbuatan syirik lainnya, jangan mengikuti syi'ah, jangan mengikuti ibnu taimiyyah dan murid2nya seperti ibnul qayyim, ibnu katsir pendapatnya yang musyabbih dan mujassim, jangan mengikuti Mr. Hempher (agen yahudi) dan muhammad bin abdul wahhab beserta murid2nya seperti syeh muqbil di yaman, syeh abdul azis bin abdullah bin baz, syeh utsaimin yg pendapatnya yang musyabbih dan mujassim plus khawarij, sekte yahudi berkedok ahlussunnah wal jamaah.
      https://abuolifa.wordpress.com/2012/08/28/akidah-wahabi-salafi-menyerupai-akidah-yahudi
      https://en.m.wikipedia.org/wiki/Memoirs_of_Mr._Hempher,_The_9_Spy_to_the_Middle_Eastala

      Hapus
  8. Perbedaan antara wali songo & wahabi. Wali songo = mengislamkan orang kafir.
    Wahabi = mengkafirkan orang islam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mhon untuk tabayyun akhi,,krn stiap kt yg anda lontrkn akn ad prtnggungjawabany,,klo trnyt prktaan anda slh,brti anda tlh mlkukn fitnah..syukron

      Hapus
    2. wahabi dan pengikutnya yang tabayun

      Hapus
    3. Bukannya wahabi yg mestinya bakal mempertanggung jawabkan pernyataanya dengan membid'ah kan dan mengkafirkan orang islam yg beda ajaran dengan mereka???

      Hapus
  9. sy suka membaca sejarah apa saja, termasuk sejarah

    kehidupan Rosululloh SAW. Beliau memiliki 8

    anak.(Postingan sy sebelumnya salah kutip dg

    menuliskan 6 anak). 4 laki2 bernama: Qosim,

    Abdullah, Tayibb dan Ibrahim (meninggal sewaktu

    masih kecil), yang empat orang perempuan, termasuk

    Fatimah.
    Ketika Nabi masih hidup, putra-putri beliau yg

    meninggal tidak satupun di TAHLIL i, kl di do'akan

    sudah pasti, karena mendo'akan orang tua,

    mendo'akan anak, mendo'akan sesama muslim amalan

    yg sangat mulia.

    Ketika NABI wafat, tdk satu sahabatpun yg TAHLILAN

    untuk NABI,
    padahal ABU BAKAR adalah mertua NABI,
    UMAR bin KHOTOB mertua NABI,
    UTSMAN bin AFFAN menantu NABI 2 kali malahan,
    ALI bin ABI THOLIB menantu NABI.
    Apakah para sahabat BODOH....,
    Apakah para sahabat menganggap NABI hewan....

    (menurut kalimat sdr sebelah)
    Apakah Utsman menantu yg durhaka.., mertua

    meninggal gk di TAHLIL kan...
    Apakah Ali bin Abi Tholib durhaka.., mertua

    meninggal gk di TAHLIL kan....
    Apakah mereka LUPA ada amalan yg sangat baik,

    yaitu TAHLIL an koq NABI wafat tdk di TAHLIL i..

    Saudaraku semua..., sesama MUSLIM...
    saya dulu suka TAHLIL an, tetapi sekarang tdk

    pernah sy lakukan. Tetapi sy tdk pernah mengatakan

    mereka yg tahlilan berati begini.. begitu dll.

    Para tetangga awalnya kaget, beberapa dr mereka

    berkata:" sak niki koq mboten nate ngrawuhi

    TAHLILAN Gus.."
    sy jawab dengan baik:"Kanjeng Nabi soho putro

    putrinipun sedo nggih mboten di TAHLILI, tapi di

    dongak ne, pas bar sholat, pas nganggur leyeh2,

    lan sakben wedal sak saget e...? Jenengan Tahlilan

    monggo..., sing penting ikhlas.., pun ngarep2

    daharan e..."
    mereka menjawab: "nggih Gus...".

    sy pernah bincang-bincang dg kyai di kampung saya,

    sy tanya, apa sebenarnya hukum TAHLIL an..?
    Dia jawab Sunnah.., tdk wajib.
    sy tanya lagi, apakah sdh pernah disampaikan

    kepada msyarakat, bahwa TAHLILAN sunnah, tdk

    wajib...??
    dia jawab gk berani menyampaikan..., takut timbul

    masalah...
    setelah bincang2 lama, sy katakan.., Jenengan

    tetap TAHLIl an silahkan, tp cobak saja

    disampaikan hukum asli TAHLIL an..., sehingga

    nanti kita di akhirat tdk dianggap menyembunyikan

    ILMU, karena takut kehilangan anggota.., wibawa

    dll.

    Untuk para Kyai..., sy yg miskin ilmu ini,

    berharap besar pada Jenengan semua...., TAHLIL an

    silahkan kl menurut Jenengan itu baik, tp sholat

    santri harus dinomor satukan..
    sy sering kunjung2 ke MASJID yg ada pondoknya.

    tentu sebagai musafir saja, rata2 sholat jama'ah

    nya menyedihkan.
    shaf nya gk rapat, antar jama'ah berjauhan, dan

    Imam rata2 gk peduli.
    selama sy kunjung2 ke Masjid2 yg ada pondoknya,

    Imam datang langsung Takbir, gk peduli tentang

    shaf...

    Untuk saudara2 salafi..., jangan terlalu keras

    dalam berpendapat...
    dari kenyataan yg sy liat, saudara2 salfi memang

    lebih konsisten.., terutama dalam sholat.., wabil

    khusus sholat jama'ah...
    tapi bukan berati kita meremehkan yg lain.., kita

    do'akan saja yg baik...
    siapa tau Alloh SWT memahamkan sudara2 kita kepada

    sunnah shahihah dengan lantaran Do'a kita....

    demikian uneg2 saya, mohon maaf kl ada yg tdk

    berkenan...
    semoga Alloh membawa Ummat Islam ini kembali ke

    jaman kejayaan Islam di jaman Nabi..., jaman

    Sahabat.., Tabi'in dan Tabi'ut Tabi'in
    Amin ya Robbal Alamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika mengamlkn suatu amalan brdsrkn Al-quran n hadist shohih(sunah Rasul),,dsebut sbg "WAHABI",,sy bangga jika mnjdi bgian dr WAHABI,,

      Hapus
    2. udah tau kl rasulullah n sahabat ga prnah melakukan tahlilan,dan demi Allah bagi para sodara2 muslim yg sering nglakuin sungguh sulit menerima kenyataan tsbt,,mari saudara2 ku kaum muslimin qt renubgkan,dan pikirkan sejenak,,

      Hapus
    3. lantas tatkala rasulullah mengatakan " kilabunnar...(anjing-anjing neraka) terhadap saudara muslimnya (khawariz) yg SHOLAT, NGAJI DDAN PUASA tdk yg menandingi.
      Apa dengan itu rsulullah TERLALU KERAS DAKWANYA!!

      Hapus
    4. lemahnya pengelolan hukum di indon sama halnya dengan kebidahan yg merajalela sama mengunakan dalil2 hanya utk menguatkan PENYIMPANGAN NYA (kebidahan)

      Hapus
    5. subhanAllah,..wahabi benar2 sudah mencuci otak antum,,..pelajari dulu siapa dan apa ajaran wahabi itu

      Hapus
    6. Afwan ukhty,,wahabi sesat yg anda mksud emng ad,tp ukhty slh jika menisbtkn sbutan wahabi kpd orng2 yg mluruskn agm brdsrkn Al qur'an n sunnah,,cb ukhty pljarai siapa yg mmbwa ajrn wahabi yg sesat itu..insyaAllah ukhty tdk hny akn ikut2an tnp tahu riwayat yg sbnrny

      Hapus
    7. Dakwah dengan lemah lembut, tugas kita hanya menyampaikan kabar gembira dan peringatan dari Alloh, bukan memaksakan orang untuk langsung mengikut dakwah kita, karena semua itu butuh hidayah dan hidayah adalah datangnya hanya dari Alloh. Jangan lupa bahwa Islam ini asing pada awalnya kemudian akan kembali menjadi asing, bukankah dakwah kemurnian Islam yang ditegakkan oleh asatidzah yang disebut sebut salafi wahabi terdengar asing bagi kita? Tidak sesuai dengan yang diamalkan nenek moyang kita? Islam yang terdengar asing dan aneh bagi kita? Apakah ini yang dimaksud Al ghurobah?

      Hapus
    8. Saya sebagai orang awam merasa bingung oleh banyaknya aliran sprti Wahabi salafi'muhamadiyh' NU dll semuanya mempunyai dalil masing masing untuk membenarkan dakwah mereka.kalau bisa para ulama baik ulama Wahabi maupun ulama Aswaja cobalah duduk bersama menyatukan faham yg benar menurut syariat kalau ulama Wahabi banyak memalsukan kitab hadis atau menafsirkan hadis yg keliru seharusnya para ulama Aswaja wajib menegur mereka yg keliru menafsir Qur'an dan hadis nabi undang mereka untuk duduk bersama memusyawarahkan dalil dalil yg benar menurut Qur'an dan hadis supaya masyarakat Islam yg awam tidak bingung dan sesat ini Kalau dibiarkan umat Islam akan pecah dan saling bermusuhan sesama Islamnya

      Hapus
    9. Bahasannya kok jadi tahlilan? jual pulsa ajalah situ. Apa dalilnya kalian shalat jum'at dan khutbahnya pakai bahasa Indonesia? pernahkah Nabi lakukan? berarti kalian ahli bid'ah. Menjelang Syawwal, apakah kalian berzakat fitrah menggunakan kurma? atau beras? di sini kalian bid'ah lagi. Mau lanjut?
      Belajar ushul fiqh dulu, bro

      Hapus
    10. Berarti tahlil tidak dilarang... akan terus kami lakukan karena banyak kebaikannya

      Hapus
  10. Pulsa murah, arti kata dari TAHLIL apa?
    Alkalamu bila nahwiyin, kattho'amu bilaa milhin. Berbicara tanpa ilmi nahwu spt makanan yg tidak pakai garam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tdk sepatutny seorng muslimah brkta yg trkesan mrendhkn orng lain,,instropeksi dri az y umm,,

      Hapus
    2. Tahlil adalah bacaanya syahadat klo di larang...belum muslim

      Hapus
  11. BOHONG BESAR, kalau ada yang bilang TAHLILAN HUKUMNYA WAJIB ATAU SUNNAH. Gak ada satupun kyai yang bilang gitu...

    Tahlilan itu hanya sarana, bukan syare'at...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Afwan,,mw tny.klo hny sbg sarana knp hrus dhari2 trtentu 3,7,40,100,,,dst...knp tdk bs dgnti hr yg lain.n siapa yg mnentukan hrs dlkukn dhri2 tu? Mhon pnjlsan,,syukron

      Hapus
    2. Ah. Tidak juga, dahulu di kampungku tiap kamis malem tahlilan. Tak ada yang meninggal malahan.

      Hapus
    3. Tahlilan itu dzikiran , pembacaan surah Al-Qur'an yg pahalanya di kirimkan utk orang yg telah meninggal & diakhiri dgn mendoakan. Apa bedanya dgn Rasulullah SAW yg mendoakan sesama muslim yg telah wafat ?

      ALLAH itu seneng kpd orang" yang dzikiran bareng" dan membaca ayat" Al-Qur'an bareng" dan juga mendoakan sesama Muslim baik yg masih hidup / pun yg sdh meninggal.

      Hapus
  12. baiknya kalo pada mau komentar itu sesuai dengan topik yg dibahas.. jangan OOT (out Of Topic).. saya yakin penulis blog ini punya segudang hujjah tentang tahlilan.. namun bukan disini tempatnya utk membahas itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pelaku penyimpangan selalu mempunyai alasan beribu ribu hanya utk menutupi penyimpanganya.

      Hapus
  13. lebih bijak dan bajik, tarkul jawabi alal jahili jawabun. kalau ada orang wahabi ngoceh acuh aja atau diamkan tidak usah di tanggapi. omongan yang perlu ditanggapi itu dari orang yang cerdas dan hatinya selalu ridho menerima perbedaan bukan klaim kebenaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Afwan akh ibnu batutur..Bismillah, sebaiknya antum cari ilmu dan informasinya lbh dulu siapa/apa/bgmn wahabi itu..sblm antum ksh sttment..jazakallah khoir

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Afwan akh ibnu batutur..Bismillah, sebaiknya antum cari ilmu dan informasinya lbh dulu siapa/apa/bgmn wahabi itu..sblm antum ksh sttment..jazakallah khoir

      Hapus
  14. https://salafytobat.wordpress.com/category/ali-bin-abi-thalib-ra-sesungguhnya-allah-menciptakan-arsy-untuk-menampakan-tanda-kekuasaan-nya-bukan-untuk-menjadikan-tempat-bagi-dzat-nya/

    BalasHapus
  15. Wahabi kok di lawan. Mereka mah paling bener dan paling pinter. Yang selain wahabi salah semua.
    Manusia kok menilai Ibadah manusia lainnya. Hanya Allah SWT yang berhak menilai ibadah hambannya.

    BalasHapus
  16. arti Tahlilan bagi saya sarana silaturohiim yang berisi :
    - pembacaan al-qur'an (kebanyakan membaca surah yasiin karena sebagai JANTUNGNYA Al-quran, Al-fatihah, dll)
    - pembacaan singkat siroh nabawiyah
    - Sholawat
    - do'a mendoakan untuk saudara/anak/ortu yg sudah wafat/sakit/milad/kena bencana dll.

    Tahlilan biasa dilakukan saat:
    - ada yg orang Wafat (sebagai sarana mendo'akan almarhum dan pengingat kematian bagi yg masih hidup)
    - malam jumat (aswaja biasa melakukan pada malam jumat karena meyakini keutamaan2 pada hari jum'at, kenapa harus malam? (mungkin)adalah waktu yg pas selepas melakukan rutinitas kerja dll.)
    berapa hari? tergantung si tuan rumah jika ingin melakukan selama 7 hari, 3 hari 1 hari pun tidak masalah tidak ada patok, namun umumnya bagi tahlilan yg wafat 7 hari, tapi kebetulan di tempat saya tinggal tetangga saya cuma 3 hari saja.

    selama isi TAHLILAN tidak melanggar dari syariat (iktilat, memainkan alat musik, tertawa,dll)in sya Alloh, Alloh ridho dgn apa yg kita kerjakan.
    karena ngaji, sholawat, do'a, silaturohiim merupakan bagian dari ibadah kepada Alloh Ta'ala

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya tidak salah, tahlilan itu dulunya adalah kebiasaan umat Hindu, namun diadaptasi ke agama Islam. Apa ini termasuk syariat?

      Hapus
    2. Yang sunnah malam jumat itu membaca surat alkaf.....

      Hapus
    3. Baru kali ini tau kalo tahlil (baca Laa illahaillalah) kebiasaan umat hindu......Nabi mensyariatkan (sunnah) puasa assyura krn Nabi Musa dan umatnya selamat dr firaun. Padahal Yahudi/bani israel juga puasa as syura, cuma Nabi membedakan jumlah harinya. Apakah Nabi ikut2an kebiasaan bani israel?

      Hapus
  17. buat saudaraku yang aswaja & salafy, berdakwah tidaklah harus hitam-putih, berdakwalah dengan hikmah, santun, tidak mencaci, mencela, hargai perbedaan. contohlah ulama kita terdahulu apakah mereka saling menghujat ketika berbeda? tidak, mereka saling menghormati dan menghargai. begitupula Rosulullah saw. apakah beliau menyampaikan dakwah islam dengan cara yang kasar, keji & menyayat hati?
    mari kita kesampingkan perbedaan2 (terlebih masalah bid'ah yg masih menjadi ikhtilaf para ulama terdahulu)

    bukankah syahadat kita masih sama?
    syahadat kepada Alloh Ta'ala dan Rosulullah Muhammad saw.

    menjaga ukhuwah islamiyah/silaturohiim lebih utama daripada mengedepankan ego kelompok masing2. apa kalian tidak sadar musuh2 islam lah yg bertepuk tangan & gembira ketika sesama muslim saling bertikai? renungkanlah.


    BalasHapus
  18. Bagi yang mengatakan tahlilan sesat,pasti Allah akan memasukkanmu dalam neraka karena, kalian telah syirik,tahlil itu bacaan lailahaillAllah kok dikatakan sesat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syurga n neraka tu urusn Allah,tiap orng pny pndngn berbeda,hrgai itu akhy,,ingtlh kt2mu mnujukkn kualitsmu,emng antum ykin klo ntr antum msuk syurga? Sombong sx antum

      Hapus
  19. Lho kok ada yang mengatakan Tahlilan itu menuruti kebiasaan Hindu...astagfirullah...mana ada orang Hindu Tahlilan...yang waras dong kalo buat pernyataan...

    BalasHapus
  20. waspadai tipu daya wahabi salafy tanduk setan najd, WAHABI SALAFY VERSI HADIS NABI, VERSI MUFTY SAUDI , VERSI SYAIKHUL ISLAM IBNU TAIMIYAH ,
    http://www.newsalafy.top/2016/10/wahabi.html

    BalasHapus
  21. waspadai tipu daya wahabi salafy tanduk setan najd, WAHABI SALAFY VERSI HADIS NABI, VERSI MUFTY SAUDI , VERSI SYAIKHUL ISLAM IBNU TAIMIYAH ,
    http://www.newsalafy.top/2016/10/wahabi.html

    BalasHapus
  22. PENUNTUT ILMU KOK MASIH SUKA DEBAT ??

    Realita yang ada, sebagian penuntut ilmu masih ada yang doyan debat. Debat yang dilakukan hanya bermodal otot tanpa ada sedikitpun menyampaikan dalil ilmiah. Debat yang dilakukan bukan untuk membela kebenaran, akan tetapi ia mendebat si fulan, si fulanah, karena ingin menonjolkan diri dan ilmunya.

    Ketahuilah bahwa gemar berdebat merupakan perangai dan akhlak yang buruk. Sudah semestinya seorang penuntut ilmu meninggalkan debat yang tidak bermanfaat.

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    “Saya memberikan jaminan rumah di pinggiran Surga bagi orang yang meninggalkan perdebatan walaupun dia orang yang benar.”

    [HR. Abu Dawud no. 4800]

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

    “Sesungguhnya orang yang paling dimurkai oleh Allah adalah orang yang selalu mendebat.”

    [HR Bukhari & Muslim]

    Mendebat dalam hadits di atas maksudnya adalah mendebat dengan cara batil atau tanpa ilmu. Sedangkan orang yang berada di pihak benar, sebaiknya dia juga menghindari perdebatan. Karena debat itu akan membangkitkan emosi, mengobarkan kemurkaan, menyebabkan dendam, dan mencela oran lain (Penjelasan Ustadz Abu Isma’il Al-Atsari,

    Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin berkata,

    “Secara umum, orang yang suka berdebat (yang tercela) akan menghilangkan keberkahan pada ilmunya. Karena orang yang menjatuhkan diri dalam perdebatan (yang tercela) tujuannya hanya ingin dirinya menang. Itulah sebab, hilangnya berkah ilmu pada dirinya.”

    [Al-Kabair ma’a Syarh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin], dikutip Merujuk Kitab:
    Ushulus Sunnah karya Imam Ahmad
    Bab: Meninggalkan Debat dan Pertikaian dalam Agama

    BalasHapus
  23. Duniamu kamu lebih tahu soal ibadah ikut aku jadi yang bukan ibadah angaplah duniamu tahlilan itu bukan ibadah itu duniamu

    BalasHapus
  24. Pendapat demi pendapat klw menyalahkan tanpa dalil di hadis maupun alquran itu semua masih tanda tanya jadi mau bertanya sama siapa?...jawabnya kembali ke alquran dan hadis klw tdk faham isi kitab tsb ngaji bareng ustad yg mengkajinya, biar kita tau isi kitab alquran sedikit2 saja dulu lama2 jadi banyak pengetahuan di dlmnya, saya sarankan klw ada pengajian jangan cuman sebatas solawatan saja, selesainya sambung dgn pengajian alquran cara pengajian alquran jgn sebatas di baca saja terjemahkan lalu tapsirkan biar tdk terus menerus kebodohan selalu di pelihara, klw pengajian itu cuman ceramah solawatan itu sama dgn melihara kebodohan, apalagi klw cma solawatan doang, ceramah mending klw ustnya yg bener, yg bener2 mengkaji ilmu agama itu mash mendinglah walaw hasilnya lucu dan tawa tdk banyak keilmuan tentang islam, namun yg pasti pelajarilah kitab kita jgn sampai ketinggalan, biar kita tak terfitnah oleh org2 bodoh, klw kita terkena fitnahan org bodoh berarti lebih bodoh dri si pemitnah. Maaf klw ada yg krg ber kenan di hati****#

    BalasHapus
  25. Bismillah.. perdebatan tidak ada gunanya saudaraku.. jika kalian merasa butuh akan kebenaran, merasa sangat butuh akan keridhaan Allah.

    teruslah berdoa dengan rendah hati Agar Allah membukakan pintu hati kita untuk menerima hidayah, teruslah berdoa agar diberi ilmu yang dapat menuntun kita kepada syurgaNya yg tertinggi.

    Sesungguhnya hamba yg benar2 ikhlas kepada Allah dan hanya berjuang mencari keridhaan Allah tanpa memperdulikan sikap manusia terhadap nya, benar2 akan Allah tunjukkan jalan yg paling diridhai nya.

    BalasHapus
  26. Wahabi salafi sekte syaiton,m abd wahab melakukan apa aja dlm menhgaet pengikut,berdusta,melintir pendapat2 ulama2 salaf,yaitu ulama 3 masa awal,shohabat,tabi,in,tabiut tabiin,dan memalsukan isi kitab karya2 imam arba,ah,meski demikian mereka merasa paling sunah,paleng benar, dan paling hak menduduki surga,
    Jika mereka benar,mengapa harus dusta,memalsuksukan isi kitab karya ulama2 dan melintir pendapat ulama arba,ah disesuaikan menurut nafsu nya wahabi,berdusta adalah perbuatan syaiton,itulah bukti liciknya syaiton,yg bernaung atas nama agama yg murni dg jargon2 kembali pd algur,an dan hadis nabi, pret,

    BalasHapus
  27. JIKA BERSELISIH MAKA ! KEMBALIKAN PADA AL QUR'AN DAN SUNNAH DAN PENAFSIRAN SAHABAT NABI !
    MUDAH SAJA MELURUSKAN YANG SALAH DAN BUKAN KONTRA DIKSI MENGINGAT MANUSIA DAN ULAMA SUNNAH SALAFIYAH JUGA MANUSIA !!!
    JADI CUKUPLAH MELURUSKAN TANPA MEMOJOKKAN YANG BELIAU PARA ULAMA TELAH RUJUG DARI KESALAHAN MEREKA SEBAGAI MANUSIA YANG LEMAH !!!
    SO ANA JUSTRU MEMPERTANYAKAN APA TUJUAN DAN SIAPA PEMILIK WEB INI ???
    WALLAHU ALAM
    SECARA ZHAHIR MEMOJOKKAN DAI PEMBAWA SUNNAH ROSULNYA SHOLALLAHU ALAIHI WA SALLAM.
    SEMOGA TAUFIQ DAN HIDAYAH SELALU PADA KITA JAUHKAN DARI KESESATAN RADIKALISME DAN HAL HAL LAINNYA YANG MENYIMPANG.
    JADI JIKA ULAMA SUDAH RUJUG KENAPA DI SEBUT KONTRA DIKSI ???
    ULAMA ITU MANUSIA KENAPA DI SEBUT SALING BERTENTANGAN ???
    SEMOGA BERMANFAAT
    BAROKALLAHU FIIK
    #PEMUDAMINANGPEMBELASUNNAH
    #MANHAJSALAFASHABUSSUNNAH
    GUNUNG PUTRI BOGOR
    bedakan
    Mana salafiyah dan halabiyah atau hizbiyah
    Di bolehkan sebut nama dai dai menyimpang agar ummat tau penyimpangan mereka dan menjauhinya

    BalasHapus