Imam Adz-Dzahabi adalah salah satu ulama yang
dipercayai oleh wahabi karena beliau juga merupakan murid Ibnu Taimiyyah yang
memuji-muji Ibnu Taimiyyah. Padahal di akhir-akhir hidupnya imam Adz-Dzhabi
membebaskan diri dari Ibnu Taimiyyah disebabkan pandangan-pandangan Ibnu
Taimiyyah yang banyak menyimpang. Bahkan imam Adz-Dzahabi menulis sebuah
risalah khusus menasehati Ibnu Taimiyyah mantan gurunya tersebut.
Kali ini saya akan tampilkan ucapan imam Adz-Dzahabi
yang hampir tidak pernah dipublikasikan yang menyatakan bahwa pemahaman wahabi
adalah pemahaman Mutanaththi’ (lebay), Khowarij dan Ahlul bid’ah di dalam kitab
karya beliau sendiri Siyar A’lam an-Nubala, perhatikan :
قال عبد الله بن أحمد : رأيت أبي يأخذ
شعرة من شعر النبي صلى الله عليه وسلم فيضعها على فمه يُقبّلُها . وأحسب أنّي
رأيته يضعها على عينيه , ويغمسها في الماء ويشربه يستشفي به . ورأيته أخذ قصعة من
شعر النبي صلى الله عليه وسلم فغسلها في جبّ الماء ثم شرب فيها , ورأيته يشرب من
ماء زمزم يستشفي به يمسح به يديه ووجهه : قلتُ: أين (المُتَنَطِّع) المُنكِر على
أحمد ؟؟ وقد ثبت أن عبد الله سأل أباه عمن يلمَسُ رُمَّانة منبر النبي صلى الله
عليه وسلم, ويَمَسُّ الحجرة النبوية, فقال: لا أرى بذلك بأساً. أعاذنا الله وإياكم
من رأي (الخوارج) ومن (البدع).
“ Abdullah bin Ahmad bin Hanbal berkata “ Aku telah
melihat ayahku mengambil sehelai rambut Nabi Saw kemudian meletakkannya
dimulutnya dan menciuminya. Aku juga melihatnya meletakkan rambut itu di
tengah-tengah kedua matanya kemudian beliau mencelupkannya ke dalam air dan
meminum airnya untuk dijadikan obat dengannya. Aku juga pernah melihat ayahku mengambil
wadah berisi rambut Nabi Saw lalu ayahku mencucinya di dalam kantong air
kemudian meminum dengannya. Aku juga melihat ayahku minum air zamzam berharap
sembuh dengannya dan mengusapkannya ke kedua tangan dan wajahnya. Aku (imam
Adz-Dzahabi) katakan “ Adakah orang berlebihan yang memungkiri imam Ahmad ?
sungguh telah tetap bahwasanya Abdullah telah bertanya pada ayahnya (imam
Ahmad) tentang orang yang menyentuh pegangan mimbar Nabi Saw dan juga menyentuh
kamar Nabi Saw, maka ayahku menjawab “ yang demikian itu tidak apa-apa “,
semoga kami dan kalian dilindungi Allah dari RO’YU (PAHAM) KHOWARIJ DAN DARI BI’DAH-BID’AH
“.
(Siyar A’lam an-Nubala : 11/212)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar